Dukungan Penguatan Reformasi Birokrasi, Pemprov Gelar Raker di Hari Pertama Kerja Tahun 2019

MAKASSAR -- Penjabat Sekda Provinsi Sulawesi Selatan menyebutkan bahwa dasar pelaksanaan Rapat Kerja dalam rangka mengawali pelaksanaan kegiatan APBD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Claro, Makassar, Rabu (2/1) adalah penguatan reformasi birokrasi. Raker ini dilaksanakan di hari pertama kerja ASN di tahun 2019.

"Ini menjadi bagian penting, dalam melanjutkan pemerintahan yang baik, titik pemerintahan yang baik adalah upaya dan kualitas pelayanan publik, pemberantasan korupsi secara sistematis," kata Ashari.

Apalagi hal ini telah diamanahkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Pemerintah Sulsel, dimana salah satunya adalah kewajiban dari seluruh pejabat negara, khususnya lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menyampaikan harta kekayaan kepada negara.

"Hal ini menjadi perhatian serius Pak Gubernur karena salah satu programnya, adalah birokrasi anti korupsi," sebutnya.

Lanjutnya, terlaksananya rapat kerja ini menjadi titik awal keselarasan, kepatutan dalam seluruh proses, fungsi jajaran Pemerintah Sulsel agar sesuai dengan visi dan misi program kerja gubernur dan wakil gubernur. Sehingga setelah ini diharapkan tidak adalagi proses administrasi yang menyimpang

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pejabat pimpinan pratama, pejabat pengawas dilingkup Pemprov Sulsel.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam arahan dan materinya, menyampaikan rasa senangnya atas hal yang disampaikan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah sebelum.

Dimana NA menyinggung terkait, menciptakan pengelolaan pemerintahan secara profesional dan integritas pemerintahan. Dimana NA tidak ingin lagi mendengar adanya pemotongan SPPD. Untuk menghindari hal tersebut maka perlu perencanaan, tidak ada kegiatan autodidak yang tidak ada anggarannya, sehingga sasarannya pemotongan SPPD. 

"Pada kesempatan ini, saya senang sekali ketika Pak Gubernur mengatakan, tidak ada lagi pemotongan bagi pegawai. Alhamdulillah," ucapan Andi Sudirman mendapat tepuk tangan dari hadirin.

Bagi Andi Sudirman, ini dijadikan pelajaran untuk menjadi lebih baik ke depan.

"Ini kita tidak menempatkan sebuah kesalahan, tetapi kita bagaimana memperbaiki sistem yang ada. Kita menatap ke depan, Kita tidak ingin balik ke belakang," harapnya.

Andi Sudirman juga dalam pemaparannya menyampaikan terkait koordinasi dengan stakeholder untuk menjalankan program-program yang ada.

Dipemaparannya, dia menyampaikan apa yang akan dipaparkan telah disampiakan gubernur, dia hanya menambahkan.

Andi Sudriman mengapresiasi kinerja kepala OPD yang telah melakukan kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat yaitu memberdayakan masyarakat disekitar pelaksanaan proyek pemerintahan.(*)