Gubernur Resmikan Baruga Karaeng Pattingalloang

By Humas Sulsel 16 Mar 2017, 19:55:08 WIB Gubernur
Gubernur Resmikan Baruga Karaeng Pattingalloang

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, meresmikan Baruga Karaeng Pattingalloang, di Jalan Sungai Tangka Makassar, Kamis (16/3). Baruga tersebut merupakan pengganti Baruga Sangiaseri, yang akan dirubuhkan, karena akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (PKP2) Sulsel, Andi Bakti Haruni, mengatakan, pembangunan Baruga Karaeng Pattingalloang menggunakan dana APBD sebesar Rp 5,4 miliar. Baruga tersebut dibangun lebih luas dari Baruga Sangiaseri, dengan luas 1.347 meter persegi.

"Baruga ini bisa menampung hingga lima ratus orang, dan lantainya juga sudah menggunakan marmer," kata Andi Bakti.

Ia menambahkan, Baruga Karaeng Pattingalloang dilengkapi dengan tempat parkir,‎ ruang ganti, kantor, balkon, hingga toilet.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, pihaknya memilih nama Karaeng Pattingalloang, bukan tanpa alasan. Karaeng Pattingalloang adalah salah satu teknokrat di jamannya. Pada abad ke 17, Karaeng Pattingalloang bahkan sudah menguasai bahasa asing.

"Karaeng Pattingalloang memiliki perpustakaan dan koleksi buku lebih dari dua ribu judul. Karaeng Pattingalloang adalah cendekiawan, yang menguasai teleskop dan bisa membaca peta dunia dengan sangat baik," terangnya.

Menurut Syahrul, Karaeng Pattingalloang adalah wujud pemersatu. Karena itu, ia menamakan gedung baru tersebut dengan nama Karaeng Pattingalloang.

"Melihat Indonesia bukan hanya dari Pulau Jawa, tapi juga di timur Indonesia. Sulsel adalah barometer pembangunan di seluruh Indonesia," ucapnya.

Pada acara peresmian Baruga Karaeng Pattingalloang yang bertepatan dengan Ulang Tahun Syahrul Yasin Limpo tersebut, juga dilakukan penanaman pohon di sekitar baruga.‎ (*)




Video Terbaru

View All Video

Galeri Foto


Video Lainnya

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tetang Website ini ?
  Sangat Membantu
  Mebantu
  Cukup Membantu