Gubernur Sulsel Hadiri Festival Pesona Lokal Didedikasikan Untuk Korban Bencana Sulteng

MAKASSAR -- Berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai unsur untuk membantu korban gempa bumi dan dan tsunami di Donggala, Sigi dan Palu serta daerah lainnya di Sulawesi Tengah yang terdampak. Salah satunya melalui penggalangan dana melalui sebuah festival.

Salah satu festival tersebut adalah Festival Pesona Lokal yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dan Wali Kota Makassar Danny Pomanto yang berlangsung meriah di Monumen Mandala Makassar, Minggu (7/10) pagi. Gubernur Sulsel dan Wali Kota Makassar memuji pelaksanaan kegiatan tersebut.

Festival Pesona Lokal terselenggara atas inisiasi media iNews dan Kementerian Pariwisata. Kegiatan ini juga dihadirkan sebagai bentuk kepedulian atas bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah (Sulteng). Awalnya, acara ini berkonsep festival, karena peristiwa gempa yang terjadi juga menjadi kegiatan peduli bencana.

Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah mengatakan, hadirnya Festival Pesona Lokal bisa menjadi momen untuk memotivasi masyarakat agar tetap semangat meski dilanda bencana. Kata Nurdin, di tengah suasana duka gempa bumi dan tsunami di Palu-Donggala, semua harus ikut saling membantu.

"Saya kira kita masih dalam suasana duka atas gempa bumi dan tsunami yang melanda. Namun kita harus tetap tegar dan semangat. Dan hari ini kita juga merasakan bahwa begitu antusias masyarakat yang menghadiri festival," beber Nurdin.

Ia berharap melalui festivala lokal ini dapat meringankan beban masyarakat yang ada.

Dia menuturkan, antusiasme masyarakat Sulsel dalam membantu pengungsi korban bencana, mulai menjemput di bandara Lanud Hasanuddin hingga di Asrama Haji Sudiang sangat tinggi. Seluruh stakeholder ia nilai kompak dalam memberikan pelayanan.

"Ada rasa haru dan bangga, karena hampir semua berpartisipasi bukan nilainya, tetapi wujud kepeduliaanya," sebut Nurdin Abdullah.

Meski begitu dia berharap, Festival Pesona Lokal mampu semakin menggerakkan hati masyarakat merasakan duka dan membantu bersama meringankan beban korban bencana. Memaksimalkan potensi yang ada agar mereka bisa bangkit seperti sedia kala.

"Hari ini iNews membuat sebuah acara Festival Pesona Lokal. Ini adalah sebuah ajang untuk mengetuk pintu hati kita semua. Saya ingin menyampaikan terima kasi pak wali kota Makassar dan stakeholder yang memberikan sumbangsih terhadap saudara yang ada di Palu, Donggala, dan Sigi," terang Nurdin Abdullah.

Imbuhnya, ada sekitar 500 mobil truk dari Sulsel yang mengangkut logistik ke Palu. Ini merupakan bantuan dari berbagai pihak.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini menambahkan, segala dukungan berbagai pihak membuat penanganan yang diambil menjadi ringan. 

Sementara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto turut mengapresiasi terselenggaranya Festival Pesona Lokal. Kegiatan ini, kata dia, menjadi bagian untuk mengeksplorasi budaya lokal.

"Saya kira iNews adalah media yang selalu ingin mengangkat dan mengungkap hal baik pemerintah dan budaya lokal. Saya kira ini sebuah inovasi yang luar biasa dari iNews untuk Indonesia," tegas Danny.

Danny mengaku bersyukur kegiatan ini bisa dikaitkan dengan kondisi terakhir negeri ini yang sedang dilanda musibah, utamanya di Sulteng. Menurutnya, kedukaan tersebut harus diubah nenjadi energi untuk bangkit. Festival Pesona Lokal lahir untuk memotivasi masyarakat di tengah kedukaan yang melanda.

"Tentunya yang paling luar biasa adalah kita menggalang solidaritas untuk Palu dan Donggala. Ini sebuah usaha yang baik sekali. Kami sebagai tuan rumah tentunya atas pimpinan gubernur, pengungsi bisa ter-handle dengan baik. Paling menarik adalah masyarakat aktif di semua sisi," imbuhnya.

Melalui Festival Pesona Lokal ini, masyarakat disuguhi berbagai hiburan menarik. Mulai dari parade karnaval budaya, kreasi makanan khas daerah, adapula lomba mural dan UMKM. Semua keuntungan hasil lomba bakal didonasikan untuk korban gempa Sulteng. (*)