HUT TNI Ke-73, Gubernur Sulsel Sampaikan Terima Kasih atas Dukungan Bantu Korban Gempa Sulteng

MAKASSAR -- Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Untuk tingkat Sulsel upacara dipusatkan di Pantai Losari, Makassar di Jalan Penghibur, Jum'at (5/10). 

Hari jadi yang mengangkat tema "Profesionalisme TNI untuk Rakyat" berlangsung secara sederhana dan hikmat. Dalam HUT ini, baik pada sambutan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi dan Gubernur Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menyampaikan rasa duka atas peristiwa gempa dan tsunami di Palu. Serta apresiasi terhadap semua pihak yang telah memberikan kontribusi.

Nurdin Abdullah menyampaikan selamat atas HUT TNI karena perayaan berlangsung secara hikmat.

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Sulsel, selamat atas HUT TNI, walaupun dalam suasana keprihatian atas musibah yang dialami saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah, Perayaan ini berjalan secara hikmat," kata Nurdin Abdullah.

Baginya, sangat membanggakan, karena semangat gotong royong dalam membantu masyarakat yang tertimpa musibah, termasuk bantuan dari unsur TNI. Untuk itu Ia mengucapkan terima kasih.

"Yang harus dibanggakan adalah semangat gotong royong masyarakat Sulsel yang begitu tinggi. Termasuk yang dirasakan TNI, begitu banyak sumbangsihnya. Seluruh masyarakat banyak membawa makanan, ini modal utama kita," sebutnya.

Sementara, Pangdam menyebutkan, TNI juga turut serta dalam merasakan duka warga yang tertimpa musibah di Sulteng.

"Tadi sudah disampaikan Panglima TNI dalam amanatnya, bahwa kita melaksanakan HUT dilaksanakan dengan sederhana dan hikmat. Karena kita turut serta merasakan kedukaan saudara-saudara kita yang ada di Palu, di Sulteng," kata Surawahadi.

Ia meminta seluruh masyarakat berdoa semoga bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di Sulteng.

Di usianya saat ini, TNI juga, sebutnya, akan melakukan modernisasi alutsista, seperti dengan menghadirkan pesawat Suhkhoi 35.

"Sudah selayaknya TNI semakin hari semakin kuat dan profesional," sebutnya.

Sementara itu, Pada HUT ini dihadirkan persembahan tari kolosal dan defile pasukan dan kendaraan alutsista TNI disepanjang Pantai Losari, penyerahan penghargaan pada anggota TNI berprestasi serta pemotongan tumpeng.(*)