Kado SYL Senilai 1 Miliar pada Masyarakat Pangkep

By Humas Sulsel 01 Mar 2017, 13:43:48 WIB Kegiatan
Kado SYL Senilai 1 Miliar pada Masyarakat Pangkep

PANGKEP - Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) memberikan bantuan senilai Rp 1 miliar pada peringatan Hari Jadi Pangkep ke 57 Tahun, yang dipusatkan di Pulau Camba-cambang, Rabu (1/3). ‎SYL juga meminta kepada Dinas Perkebunan Sulsel untuk membagikan seribu bibit kelapa untuk masyarakat di daerah kepulauan.

Tidak sampai disitu, pada peringatan Hari Jadi Pangkep yang dirangkaikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Pangkep, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, dan Bank Sulselbar tentang percepatan akses kredit sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Pangkep, SYL meminta agar Bank Sulsel mengucurkan kredit hingga Rp 100 miliar di Pangkep.

"Saya berharap, jeruk Pangkep jangan dianggap kecil. Kita seriusi. Lada, cengkeh sekarang harganya mahal dan dulu pangkep miliki itu. Kita kembalikan. Bank Sulselbar gulirkan sampai Rp 100 miliar disini," kata SYL.

‎Gubernur mengungkapkan, Kabupaten Pangkep memiliki banyak pulau potensial yang bisa dikembangkan menjadi daerah pariwisata. Ia meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep menyiapkan satu pulau khusus yang bisa dikembangkan bersama untuk skala internasional.

"Kita bicarakan, siapkan pulau yang bisa dikelola untuk taraf internasional. Kepemilikan tetap kita, tapi manajemennya harus profesional," ujarnya.

Ia mengapresiasi kemajuan Kabupaten Pangkep yang telah dicapai saat ini. Angka kemiskinan turun, pertumbuhan ekonomi melampaui nasional, dan pendapatan rakyat yang meningkat tajam.

"Jaga ‎apa yang ada sekarang. Jaga situasi politik, jangan gaduh. Pemerintahan harus tetap berpihak pada rakyat, dan kita hadirkan upaya untuk menumbuhkan ekonomi kita," pesannya.

Sementara, Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, mengungkapkan, peringatan Hari Jadi Pangkep sengaja dipusatkan di Pulau Camba Cambang, untuk ‎menunjukkan komitmen Pemkab Pangkep dalam membangun wilayah kepulauan. Pihaknya juga sementara mengembangkan wisata bahari dan menjadikan Pulau Camba Cambang sebagai sentra wisata bahari.

"Berbagai upaya pembangunan telah dilakukan di semua sektor. Di bidang pendidikan, kami meningkatkan angka lama sekolah dari 6 tahun menjadi 7,5 tahun. Tahun ini, kami juga mengalokasikan anggaran SPP gratis untuk mahasiswa," paparnya.

Di sektor ekonomi, lanjut Syamsuddin, Pemkab Pangkep meningkatkan produksi komoditas unggulan rata-rata di atas 5 persen. Peningkatan ini secara signifikan memacu pertumbuhan ekonomi Pangkep di angka 9 persen, dan pendapatan per kapita rakyat yang menembus Rp 47 juta.

"Pencapaian ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan gubernur.‎ Tapi kami belum puas dengan raihan ini, karena masih banyak yang harus dilakukan, khususnya dalam pemberantasan kemiskinan," ungkapnya.

Menurut Syamsuddin, warga miskin paling banyak di desa-desa. Karena itu, Pemkab Pangkep mengalokasikan anggaran Rp 173 miliar, diluar dana desa. Sehingga, kepala desa rata-rata mengelola anggaran Rp 2 miliar untuk pembangunan di desanya.‎

"Selama ini yang juga menjadi keluhan masyarakat pulau, adalah tenaga medis. Tapi, Gubernur telah menunjukkan kepeduliannya dan akan melaunching 89 CPNS Kesehatan. Pak Gubernur juga akan meletakkan batu pertama untuk pembangunan empat puskesmas termasuk pustu yang diangkat statusnya menjadi puskesmas dan semuanya ada di daerah kepulauan," urainya. (*)




Video Terbaru

View All Video

Galeri Foto


Video Lainnya

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tetang Website ini ?
  Sangat Membantu
  Mebantu
  Cukup Membantu