Kloter Terakhir Tiba, Wagub Doakan Haji Mabrur

Makassar – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyambut kedatangan kloter terakhir Jemaah Haji Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang, Selasa (25/9) siang. Selain Wagub, turut hadir Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, sejumlah muspida lain, pengawas dan Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH).

Sebanyak 15.834 orang Jemaah haji embarkasi Makassar yang terbagi dalam 35 kloter tiba dengan selamat di tanah air. Jumlah ini mengalami pengurangan sebanyak 27 orang dari jumlah total Jemaah haji embarkasi Makassar tahun 2018 sebanyak 15.861 orang atau hanya 99,83 persen.
 
Berkurangnya 27 orang tersebut dengan rincian, 21 orang meninggal dunia di Arab Saudi, 5 orang dalam keadaan sakit dan masih dirawat di Arab Saudi dan 1 orang kembali ke tanah air melalui jalur regular. Jemaah haji yang wafat di tanah suci yakni dari Sulsel 18 orang, Sultra 2 orang, Maluku 3 orang, Maluku Utara 1 orang, Papua barat 1 orang, Sulbar 2 orang dan Gorontalo 2 orang. Jumlah Jemaah haji yang wafat tahun ini jauh lebih sedikit dibanding pada penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu yang mencapai 42 orang.

Dalam sambutannya, Wagub Andi Sudirman menyampaikan selamat datang kepada seluruh Jemaah haji yang telah menunaikan rukun islam tersebut. 

“Pertama saya menyampaikan permohonan maaf dari pak gubernur yang berhalangan karena beliau sedang ada agenda lain di luar kota, kemudian mewakili beliau menyampaikan selamat datang kembali mudah-mudahan semua kembali dengan menyandang haji mabrur insyaallah”. Kata Andi Sudirman.

Secara umum, pelaksanaan ibadah haji tahun ini mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan Jemaah haji berjalan lancar dan hampir tidak ditemukan kendala yang berarti. Hal ini tak terlepas dari dukungan pemerintah, muspida hingga panitia penyelenggara ibadah haji.(*)