Malam Minggu di Palopo, Sumarsono Kunjungi Toko Buku dan Lapangan Pancasila

PALOPO -- Usai melakukan kunjungan kerja ke Toraja (Tana Toraja dan Toraja Utara), Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono melanjutkan kunjungan ke Kota Palopo, Sabtu (21/7).

Kunjungan di Bumi Sawerigading, diselingi menghabiskan malam Minggunya ditemani oleh Penjabat Wali Kota Palopo Andi Arwien Azis dan Kapolres Palopo AKBP Taswin berkunjung ke City Market Palopo dan Lapangan Pancasila. 

Di City Market, Sumarsono melihat langsung aktivitas bisnis masyarakat, ia mengunjungi pusat penjualan baju dan alat olahraga, toko buku dan bioskop. 

Pria yang akrab disapa Soni ini menyapa para pedagang dan pembeli. Di Toko Buku Karisma yang terletak di lantai dua mall tersebut misalnya, Ia menanyakan buku apa yang sedang laku dan berapa omset yang didapatkan. 

"Selain buku pelajaran dan buku materi kuliah, apakah buku cerita rakyat di sini ada? Buku sejarah juga? Seperti kerajaan Majapahit dan Padjajaran," tanyanya. 

Seorang pegawai kemudian menunjukkan beberapa buku cerita. Namun tidak ada yang dari Sulawesi Selatan, yang ada hanya dari Sulawesi Tenggara dan Maluku. Pegawai tersebut menjelaskan bahwa buku cerita Sulsel laku dibeli. 

"Sulsel sudah habis tambah dong?," pintanya. 

Sosok yang telah menjadi gubernur di tiga provinsi ini pun, menjajal minuman kopi yang ada di salah satu kedai kopi.

"Saya lihat mallnya cukup ramai, saya juga pernah ke Palopo dan melihat langsung pasar tradisional, dan pasar tradisional lebih ramai, itu artinya, perkembangan ekonomi kita masih (digerakkan masyarakat) level bawah," sebutnya. 

Selanjutnya, Ia menuju ke Lapangan Pancasila. Ia menyapa masyarakat di lapangan yang berhadapan langsung dengan kantor Wali Kota Palopo ini, permintaan berfoto pun Ia ladeni. 

Kemudian menuju ke fasilitas jogging track batu (akupuntur), Ia kumudian membuka sendalnya dan mencoba langsung. 

"Kalau mau gunakan ini, atau naik ke sini, sepatunya di buka, nanti batu-batunya bisa patah," pintanya. 

Ia meminta Pemda untuk membenahi fasilitas yang ada di sana misalnya, panggung bagi musisi atau warga yang kebetulan memberikan persembahan, sepeda atau kendaraan bermotor tidak masuk ke dalam lapangan yang akan merusak rumput, lampu lapangan yang rusak untuk diperbaiki. 

Warga yang juga senang Sumarsoni bisa berkunjung karena tidak hanya menikmati suasana malam minggu yang ada, tetapi melakukan monitoring dan evaluasi fasilitas ruang publik. 

"Kami senang, semoga dengan kedatangan Pak Gub, semoga nanti semakin baik. Dan bersama Wali Kota kami, Palopo bisa lebih maju," ujar Siti Hamriah.(*)