Mendag : SYL Meningkatkan Ekspor Perdagangan Indonesia

Kemajuan sektor perdagangan Sulsel khususnya di bidang ekspor ternyata berpengaruh besar terhadap peningkatan ekspor secara nasional.  Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita bahkan menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo atas kontribusinya di sektor perdagangan.  

Mendag menyebut SYL berperan penting dalam peningkatan ekspor perdagangan Indonesia. Kelihaian Gubernur Sulsel dua periode ini dinilai mampu meningkatkan ekspor perdagangan secara nasional di tengah kondisi perekonomian yang kurang stabil. 

Hal ini disampaikan oleh Enggartiasto Lukita dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan di Jakarta,  Senin 20 Februari 2017.

Sektor perdagangan Sulsel sendiri khususnya dalam hal ekspor mengalami peningkatan siginifikant. Berdasarkan data Dinas Perdagangan, periode Januari-Desember 2016, Provinsi Sulsel surplus USD 310,86 Juta dan melakukan ekspor perdagangan hingga ke 54 negara. Bahkan tahun ini Pemprov Sulsel menargetkan peningkatan sekitar 10 hingga 15 Persen. 

10 komoditi unggulan ekspor Sulsel seperti kakao, kakao olahan, ikan segar, udang, telur ikan terbang, rumput laut, mete kupas dan mete olahan sukses meningkatkan ekspor perdagangan. 

Atas kontribusi Sulsel ini, SYL didaulat menjadi Pembicara pada rapat kerja Kementerian Perdagangan RI di Jakarta hari ini.  Rapat kerja ini dihadiri oleh seluruh stakeholder perdagangan di Indonesia.