Pelajari e-Government Pemerintah Kota
Peserta Diklatpim III Angkatan 142 Benchmarking di Surabaya

By Humas Sulsel 04 Mei 2017, 09:22:21 WIB Kegiatan
Pelajari e-Government Pemerintah Kota

SURABAYA - Peserta Diklatpim III Angkatan 142 melakukan benchmarking di Kota Surabaya, Jawa Timur,  Rabu (3/5). Di kota tersebut, 40 peserta mengunjungi dua titik, yakni Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Kesehatan.

Kepala Bagian Humas Setda Sulsel yang menjadi peserta Diklatpim III, Badaruddin, mengatakan, kedatangannya di Pemkot Surabaya, ingin melihat bagaimana penerapan e-government di daerah tersebut. 

"Kami ingin mengetahui, bagaimana Pemkot Surabaya ini dalam menerapkan e-government," kata Badaruddin.

Pada kunjungan tersebut, peserta diterima Asisten Administrasi Umum Ir Hidayatsyah MT, yang sekaligus menjelaskan mengenai penerapan e-government.

"Kami di Bappeda menerapkan yang namanya aplikasi e-musrembang dan e-indikator, ini terkait dengan perencanaan tahunan kami. Termasuk e-budgeting dan e-RKA, yang bermuara pada e-RKPD. Ini kami bangun sejak tahun 2003," jelas Hidayatsyah, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Walikota Surabaya.

Ia menjelaskan, di Pemkot Surabaya tidak menggunakan aplikasi yang diberikan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), karena sejak dulu telah dibuat aplikasi sendiri. Tapi intinya, semua aplikasi yang dimiliki sudah terintegrasi.

"Sekarang kan audit BPK sudah audit kinerja, dan itu lebih susah dari audit APBD. Nah, dengan aplikasi ini, tidak akan mungkin ada muncul program baru di APBD karena platformnya terintegrasi," terangnya. 

Ia menambahkan, APBD Pemkot Surabaya selalu ditetapkan pada 10 November, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Sistem penggajian untuk tenaga kerja pemerintah juga berdasarkan UMK. Misalnya penyapu jalan, gajinya berdasarkan UMK sekitar Rp 3 juta lebih, ditambah dengan JKN. 

Pertemuan tersebut diakhiri dengan pertukaran cinderamata antara Pemkot Surabaya dengan peserta diklatpim. (*)






Video Terbaru

View All Video

Galeri Foto


Video Lainnya

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tetang Website ini ?
  Sangat Membantu
  Mebantu
  Cukup Membantu