Pemprov Sulsel dan LKPP Teken Kerjasama Katalog Elektronik Daerah

MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi-Selatan (Sulsel) bersama Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menandatangani perjanjian kerjasama tentang katalog elektronik daerah. 

Penandatangan kerjasama ini dilakukan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Tautoto Tanaranggina dan Kepala LKPP Agus Prabowo di Hotel Four Points By Sheraton, Rabu pagi (18/7).

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas penunjukan pemerintah sulawesi selatan sebagal pilot project katalog eletronik daerah," kata Tautoto. 

Selain itu, juga menyambut baik dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman ini, mengingat kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk inovasi pengadaan barang/jasa pemerintah.

Katalog elektronik daerah diharapkan dapat menciptakan pengadaan barang/jasa yang lebih efektif dan efisien. Juga diharapkan mendorong transparansi serta akuntabilitas penggunaan anggaran daerah khususnya pada Pemerintah Provinsi Sulawesi-Selatan.

Tautoto menyampaikan, setidaknya ada dua kelebihan dan keunggulan katalog elektronik daerah. Pertama, pemerintah daerah akan menggunakan produk-produk lokal yang ada di Sulawesi Selatan serta sebagai ajang promosi produk lokal serta menjadi sarana pengembangan produk lokal.

"Kedua produk-produk lokal tersebut dapat dipasarkan secara nasional sehingga dapat mendorong berkembangnya industri lokal serta peran serta usaha kecil, menengah," paparnya. 

Sedangkan, pemilihan jenis produk bibit kapas dimasukkan kedalam katalog elektronik daerah karena dalam pelaksanaan pengadaan bibit kapas tersebut selama ini dilakukan secara tender terkadang mengalami hambatan karena sulit menyesuaikan pola tanam serta musim tanam.

Untuk itu mudah-mudah dengan dimasukkannya bibit kapas kedalam katalog elektronik daerah pelaksanaanya lebih mudah dan kedepan rencana menambah jenis produk yang masuk pada katalog elektronik lokal sehingga dapat mendorong efisiensi anggaran pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk itu, Tautoto meminta kepada LKPP senantiasa melakukan pendampingan secara teknis sehingga pelaksanaan katalog elektronik daerah pada Pemprov Sulsel bisa berjalan sebagaimana mestinya.

"Dan kami juga meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi KPK turut serta memberikan arahan serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan katalog elektronik daerah tersebut," harapnya. 

Para bupati/walikota juga diminta untuk segera mengimplemetasikan katalog eletronik daerah pada daerahnya masing-masing.(*)