Pertanian Indonesia Timur Masa Depan Indonesia

By Humas Sulsel 17 Mar 2017, 12:58:32 WIB Gubernur
Pertanian Indonesia Timur Masa Depan Indonesia

Sulawesi-Selatan sebagai kawasan timur Indonesia memiliki peranan penting, salah satunya di bidang pertanian. Sulsel merupakan wilayah strategis pertanian di Indonesia. Bahkan diyakini pertanian di Indonesia Timur akan menjadi masa depan Indonesia. 

Hal ini disampaikan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo saat memberi sambutan dalam kegiatan Temu Inovasi Teknologi Pertanian dengan tema Mendukung Peningkatan Produktivitas dan Percepatan Swasembada Jagung di Kawasan Timur Indonesia yang dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia, Jum'at (17/03).

Dalam kegiatan yang didominasi peneliti pertanian tersebut,  Syahrul memaparkan kondisi pertanian di Sulawesi Selatan dan upaya peningkatan pertanian serta penggunaan teknologi sebagai upaya memajukan pertanian. 

Selain itu Syahrul juga menekankan pentingnya peranan perguruan tinggi dalam memajukan sektor pertanian. Termasuk penggunaan  teknologi yang akan mensejahterakan rakyat,
 "Dengan hadirnya teknologi selain meningkatkan kualitas pertanian juga meningkatkan income pendapatan dan kesejaheraan rakyat" seru Syahrul dalam sambutannya.

Hadir dalam temu informasi teknologi ini Menristek Dikti Mohammad Nasir dan Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman, serta beberapa unsur dari dunia pendidikan tinggi dan insan pertanian.


Menristek Mohammad Nasir mengatakan perlu upaya beberapa tahun untuk meningkatkan jumlah riset di Indonesia, " Awalnya jumlah guru besar kita lebih besar dari jumlah riset. Tahun 2014 jumlah riset 4200 publikasi dari 5600 guru besar, 2015 jumlah publikasi 5250 dan baru terjadi peningkatan di tahun 2016 dengan 9989 publikasi" Ungkapnya dengan semangat.

Nasir pun mengatakan tahun ini untuk pertama kalinya di hari Kebangkitan Teknologi Nasioanal akan melaunching di Makassar beberapa hasil teknologi dan inovasi karya Indonesia di luar Jawa.

Sementara itu Menteri Pertanian Amran Sulaiman memaparkan peranan strategis Sulsel dalam upaya swasembada pangan nasional dan pentingnya perguruan tinggi melakukan riset.

"Pertanian tidak akan berubah tanpa teknolgi, gudang teknologi ada di kampus, yang menjadi masalah karena adanya ego sektoral di internal perguruan tinggi kadang juga dengan pemerintah. Hal ini harus diatasi untuk kemajuan dunia pertanian Indonesia" tegasnya.

 






Video Terbaru

View All Video

Galeri Foto


Video Lainnya

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tetang Website ini ?
  Sangat Membantu
  Mebantu
  Cukup Membantu