Pimred Media Indonesia Berbagi Tips Pencitraan
Biro Humas dan Protokol Sulsel Gelar Workshop Kehumasan

By Humas Sulsel 19 Mei 2017, 16:23:59 WIB Kegiatan
Pimred Media Indonesia Berbagi Tips Pencitraan

MAKASSAR - Pimpinan Redaksi Media Indonesia, Usman Kansong, hadir sebagai narasumber pada Workshop Kehumasan dengan tema Humas di Era Digital, yang digelar Biro Humas dan Protokol Setda Sulsel, di Hotel Grand Imawan Makassar, Jumat (19/5). Di hadapan para peserta, Usman memaparkan pentingnya membangun citra pemerintah melalui media.

Usman menjelaskan, prinsip-prinsip marketing di pasar komersial juga berlaku dipasar politik pembentukan citra. Perusahaan sukses memiliki orientasi pasar dan senantiasa terlibat dalam menciptakan nilai bagi pelanggan mereka. Pemerintah memiliki orientasi yang sama dan terus mencoba menciptakan nilai bagi publik dengan meningkatkan keuntungan dan manfaat terbanyak dengan biaya terendah.

"Nilai dalam pemasaran politik identik dengan citra. Membangun citra ialah membentak persepsi publik dengan menerapkan prinsip dan prosedur pengembangan, pelaksanaan dan pengelolaan kampanye pemerintah humas, dan kelompok," jelas Usman.

Menurut Usman, tujuan pemasaran dari bisnis ke bisnis ialah untuk menciptakan keuntungan. Sedangkan dalam politik tujuannya pembentukan citra. Menang dalam politik pembentukan citra kadang didasarkan pada persentase yang kecil (kualitatif), sedangkan dalam bisnis perbedaan menang dan kalah didasarkan pada selisih yang besar (kuantitatif).

"Ketika menerapkan pemasaran untuk politik pembentukan citra, proses pertukaran berpusat pada pemerintah yang menawarkan kepemimpinan melalui kebijakan yang ia terapkan dan visi untuk negara, untuk ditukar dengan opini atau persepsi positif dan warga," jelasnya.

Pemerintah dalam pembentukan citra, menurut Usman, kepala daerah atau program/kebijakan ialah produk yang mesti dikemas dan dipasarkan secara langsung atau melalui media. Citra dibuat melalui penggunaan tayangan visual yang dikomunikasikan dengan kehadiran fisik atau melalui penampilan di media. Namun, kehadiran fisik tak mungkin menjangkau masyarakat secara luas dan simultan. Oleh karena itu, penggunaan media menjadi penting untuk mengkomunikasikan citra pemerintah secara lebih luas.

"Media melalui format dan isi selalu berhubungan dengan publik atau menciptakan privasi seseorang seolah telah menjadi milik publik," urainya.

Hadir sebagai peserta dalam workshop tersebut, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten/Kota se Sulsel dan Humas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel. (*)




Video Terbaru

View All Video

Galeri Foto


Video Lainnya

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tetang Website ini ?
  Sangat Membantu
  Mebantu
  Cukup Membantu