Plt Bupati Laporkan Persiapan HUT Sinjai

MAKASSAR - Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerima kunjungan Plt Bupati Sinjai, H Andi Fajar Yanwar, di Kantor Gubernur Sulsel, Jum'at (23/2). Kedatangan Fajar dalam rangka melaporkan persiapan peringatan hari jadi atau HUT ke-454 Sinjai dan kondisi keamanan jelang Pilkada Sinjai. 

Pada kesempatan tersebut, SYL menyampaikan agar HUT ini dilaksanakan berbeda dengan tahun sebelumnya, terutama untuk tempat pelaksanaan puncak peringatan. Jika tahun sebelumnya dilaksanakan di halaman Rumah Jabatan Bupati, maka tahun ini SYL ingin dilaksanakan di pantai, hutan atau perkampungan yang dekat dengan masyarakat. 

"Harus dipersiapkan dengan baik. Jangan sepuluh tahun di kantor daerah dan Rujab saja, sekali-kali di desa nelayan atau di dalam hutan, ajak rakyat makan ramai-ramai, bisa minta setiap kecamatan buat stand masing-masing," kata SYL. 

Ia juga tertarik agar minuman dan makanan tradisional Sinjai dihadirkan. Seperti Minas, minuman manis berwarna kuning campuran tape, susu, madu dan telur. 

"Kita makan siang di pelelangan, makan ikan, ada Minas. Saya kemarin senang, di Parepare, kita di atas bukit, dan Enrekang di Sungai Saddang," sebutnya. 

SYL juga berharap momentum HUT ini, menjadi motivasi Pemda Sinjai lebih berprestasi. Hadir kebersamaan dengan masyarakat sebagai substansi hari jadi serta tercipta pemerintahan yang baik. 

Sementara, Andi Fajar Yanwar menyampaikan, hari jadi Kabupaten Sinjai dilaksanakan puncaknya pada, Selasa, 27 Februari mendatang. 

"Kami mengundang gubernur untuk hadir pada hari jadi, tanggal 27 Februari mendatang. Perubahan akan dilakukan termasuk memperhatikan saran dari gubernur," ujarnya. 

Fajar menambahkan, acara HUT akan melibatkan masyarakat. Walaupun panitia sebenarnya sudah memasang properti seperti tenda. 

"Kita lihat situasi dulu, karena sekarang tanggal 23, sedangkan acara pada tanggal 27 Februari," ujarnya. 

Ada beberapa lokasi pilihan yang disampaikannnya. Diantaranya, Pantai Galau, sebutan bagi kawasan wisata kuliner di Lappa, atau wilayah Sinjai Timur.

Pada HUT ini, sejumlah kegiatan akan dihadirkan termasuk memamerkan prestasi yang telah diraih dalam waktu empat tahun. Diantaranya, Sinjai Juara 1 Lomba Desa Tingkat Nasional Regional III tahun 2017. 

Ia juga menjamin Pilkada Sinjai dapat berlangsung dengan damai. "Saya yakin Sinjai aman, untuk menghindari gesekan, pengamanan sudah kita siapkan," ujarnya. (*)