Sosialisasi Peraturan Tentang RKTP Sulsel Tahun 2019-2039

Makassar - Dinas kehutanan melaksanakan sosialiasi peraturan Gubernur tentang rencana kehutanan tingkat prov. (RKTP) Sulsel tahun 2019-2039, sebagai rangkaian program 100 hari kerja Gubernur dan wakil gubernur sulsel (Nurdin Abdullah & Andi Sudirman Sulaiman).

Kegiatan ini di hadiri sebanyak 90 peserta dari Dishut Sulsel, OPD terkait lingkup Pemprov. sulsel, BUMN, BUMS, NGO, KPH/CDK Dishut Sulsel. Dan di buka oleh Sekretariat Dinas Kehutanan, Ir. Faisal ,MS. di Hotel Best Western Makassar, 31 Des 2018

Rencana kehutanan tingkat provinsi telah di susun oleh instansi provinsi yang telah menangani kehutanan sebagaimana amanat yang termuat dalam peraturan menteri kehutanan nomor P.1/ Menhut-II/2012 Pasal 3 Ayat 1, merupakan rencana arahan makro pemamfaatan dan penggunaan  Spasial atau ruang dan potensi kawasan hutan untuk pembangunan kehutanan dan pembangunan di luar kehutanan yang menggunakan kawasan hutan serta perkiraan kontribusi sektor kehutan di wilayah provinsi.

Pembangunan kehutanan memiliki peran yang strategis dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Dan semua aspek yang terkait harus di seimbangkan sehinggah dapat bersinergi positif.

Sekretaris Dinas Kehutanan, Ir. Faisal MS dalam sambutannya menegaskan bahwa pengambilan kebijakan pembangunan kehutanan yang tidak seimbang pada satu aspek akan berdampak pada aspek lain. Oleh sebab itu pengelolaan sumber daya kehutanan harus dilakukan secara profesional dan terintegritas mulai saat ini secara berkelanjutan di masa akan datang.

Dengan tersusunnya RKTP Sulsel ini, diharapkan dapat terwujud sinkronisasi pembangunan kehutanan antara pusat dan daerah, sehinggah rencana pengaturan pola dan struktur ruang dapat terlaksana guna mewujudkan keseimbangan aspek. (*)