Sulsel Target Raih WTP Kedelapan

MAKASSAR - Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) menargetkan, tahun ini dapat kembali meraih predikat laporan keuangan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kedelapan kalinya. 

"Kita berharap Sulsel bisa WTP untuk kedelapan kalinya," harap SYL, usai menerima kunjungan Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel, di Kantor Gubernur, Selasa (13/3).

Gubernur lebih lanjut menjelaskan, sejauh ini konsultasi yang ada masih berjalan kondusif. Namun, Ia berharap pada acara serah terima akan ada catatan khusus yang diberikan kepada Pemprov sebagai bahan evaluasi. 

Termasuk soal aset yang sempat ditanyakan oleh awak media. Gubernur menyebutkan, WTP yang ketujuh kalinya yang telah diraih, sebagai bukti bahwa pengelolaan aset di Sulsel baik. 

"Salah satu syarat WTP adalah pengelolaan aset yang bagus, setiap tahun bertambah, pembuatan jalan baru dan underpass. Katakanlah itu juga sebagai evaluasi setiap tahun terhadap aset yang berjumlah triliunan rupiah ini agar tercover dengan baik," sebutnya. 

Terkait sejauh ini masih ada daerah yang belum memasukkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke BPK, SYL berharap dapat masuk secepatnya sebelum deadline seperti tahun sebelumnya, 31 Maret mendatang. Sulsel juga mampu meraih predikat sebagai provinsi dengan WTP terbanyak di Indonesia, dari 24 kabupaten kota hanya tiga yang tidak meraih WTP.

"Dan itu prestasi, saya berharap akan lebih banyak lagi," pungkasnya.

Diketahui, SYL diundang pada acara serah terima jabatan (sertijab) kepala BPK Perwakilan Sulsel yang baru, di Kantor BPK RI Perwakilan Sulsel pada 20 Maret mendatang. Widiyatmantoro menggantikan Endang Tuti Kardiani yang memasuki masa purna bhakti. (*)