Tautoto Buka Acara Panggung Hiburan Hari Buruh Internasional

MAKASSAR - Penjabat Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan Tautoto Tana Ranggina hadir membuka acara Panggung Hiburan, dalam rangka Hari Buruh Tahun 2018, yang dilaksanakan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sulawesi Maluku, di Lapangan Hasanuddin Makassar, Minggu (13/5). 

Adapun tema acara hiburan ini "BPJS Ketenagakerjaan Untuk Indonesia Sejahtera". Kegiatan ini sendiri merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei.

Dalam kesempatan ini, Tautoto menyampaikan beberapa poin. Diantaranya, sistem keserikatan pekerja Indonesia serta hak dan kepentingan buruh/pekerja.

Undang-undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja Serikat Buruh (SPSB) telah mengubah batasan demokratisasi keserikatan pekerjaan di Indonesia. Sejak itu, sistem keserikatan di Indonesia telah berubah dari single union system ke multi union system.

"Ketentuan mengenai kebebasan berserikat di Indonesia memberikan kesempatan yang luas pada pekerja dan buruh untuk membentuk federasi," katanya. 

Kesempatan diberikan kepada federasi Serikat Pekerja (SP)/Serikat Buruh (SB) untuk membentuk dan menjadi anggota Konfederasi SP/SB sepanjang persyaratan dipenuhi.

Di Sulawesi Selatan terdapat tiga konfederasi dan beberapa Federasi Serikat Pekerja/Buruh yang memperjuangkan hak dan kepentingan serta peningkatan kesejahteraan pekerja/buruh.

Tautoto menyampaikan, Hari Buruh Internasional 1 Mei 2018 diperingati, baik untuk terus memperjuangkan hak dan kepentingan pekerja buruh yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh di Indonesia lebih khusus di Sulawesi-Selatan.

Di Sulsel, peringatan dan perayaan Hari Buruh diselenggarakan dengan beberapa kegiatan yang sangat positif. Seperti Dialog ketenagakerjaan, workshop, donor darah, sunatan massal, anjangsana ke panti asuhan, yang berjalan dengan damai.

"Temasuk hari ini panggung hiburan dalam rangka Hari Buruh Tahun 2018 merupakan puncak perayaan Hari Buruh Internasioan di Sulawesi Selatan," sebutnya. 

Penyelenggaraan panggung hiburan yang diperuntukkan bagi pekerja/buruh ini dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk bergembira dan bersenang-senang, melepaskan penat dari kesibukan bekerja setiap hari. Diharapkan pikiran pekerja jadi segar sehingga dapat mendorong dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, panggung gembira ini dapat dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar pekerja/buruh.

Sekda Sulsel ini juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Aparat Keamanan Polri dan TNI, serta pihak-pihak lain yang telah mengawal peringatan dan perayaan Hari Buruh di Sulsel dengan baik, aman dan damai. Ia berharap, ini dapat dijaga dan ditingkatkan di tahun depan.

Tautoto juga menyerahkan langsung hadiah kepada para peserta dan ikut berpartisipasi pada kegiatan senam pagi. (*)