Tingkat Akuntabilitas Kinerja Sulsel Sangat Baik

MAKASSAR - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan penghargaan kepada Provinsi Sulsel nilai B untuk tingkat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Predikat B memiliki nilai 62,04 dan boleh dikatakan sebagai pencapaian yang sangat baik. Sebelumnya, Sulsel hanya memperoleh C atau CC sejak penilaian ini diberlakukan 2009 lalu.

Nilai B ini menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerjanya. Hal ini disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemprov Sulsel sudah berjalan, namun masih perlu perbaikan. 

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Pemprov Sulsel, Syamsul Rizal Syam, mengatakan, penghargaan ini diberikan oleh KemenPAN-RB minggu lalu di Yogyakarta. Dan pelaksanaan SAKIP di Sulsel terus membaik. 

"Sejak tahun 2009 sistem akuntabilitas kinerja pemerintah setiap tahun dievaluasi, sejak tahun 2009 Sulsel hanya meraih C atau CC. Ini kita dapatkan karena adanya kerjasama yang baik antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," kata Rizal. 

Adapun bobot penilaian diantaranya, perencanaan kinerja dengam bobot 35 persen, pengukuran kinerja 20 persen, pelaporan kinerja 15 persen dan evaluasi kinerja 20 persen. Di tahun 2016 Sulsel meraih rapor CC dengan angka 58,04 dan di tahun 2017 62,04.

Rizal mengatakan, target yang ingin diraih tahun depan adalah dengan nilai A. Untuk menuju kesana, ada beberapa catatan khusus terutama untuk ketertiban administrasi. 

"Perlu adanya perbaikan di pencatatan, sebenarnya semua dokumennya ada. Masalahnya ada di pencatatan yang perlu perbaikan, sehingga tahun depan kami optimistis dapat nilai A," harap Rizal.

Sementara, Gubernur Sulsel SYL, mengungkapkan, dengan penilaian ini berarti apa yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel dalam jalur yang benar, serta akan memicu semakin meningkatkan kinerja ke depannya. 

"Dengan penilaian ini, berarti Pemprov Sulsel on the right track," ujar SYL. (*)