Wagub Sulsel Dampingi Wamen ESDM di Jeneponto

JENEPONTO - Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman, mendampingi Wakil Menteri (Wamen) Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ir Arcandra Tahar, dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Jeneponto, Selasa (6/11). Kunjungan kerja tersebut guna membahas percepatan eksplorasi Blok Migas Karaeng.

Archandra mengatakan, dirinya baru pertama kali datang ke Sulsel, dan tugasnya hanya meyakinkan investor. Data eksplorasi Blok Migas Karaeng di Kabupaten Jeneponto, bisa dilihat kembali dan masyarakat tahu bahwa pemerintah pusat memperhatikan pemerintah daerah dalam mengelola sumber daya alam.

"Setelah ini, saya akan mengevaluasi lalu bertolak ke Jakarta," ujarnya. 

Dalam kunjungannya tersebut, Archandra juga meninjau langsung lokasi outcrop di Kecamatan Bangkala, dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kecamatan Kelara. 

Sementara, Andi Sudirman Sulaiman mengaku sangat senang Wamen ESDM berkunjung langsung ke Jeneponto. Ia menekankan pentingnya investor masuk ke Sulsel, tetapi tetap memperhatikan isu lingkungan, local content atau memperbesar penyerapan tenaga kerja lokal, selama itu bisa dikerjakan oleh orang lokal.

"Saya berharap agar setelah eksplorasi ini dibuka, harus mengadopsi lokal konten, memberdayakan kontraktor-kontraktor lokal sepanjang itu bisa dilakukan oleh orang lokal," harapnya.

Sekedar diketahui, dalam tinjauan ke Jeneponto turut hadir Zuryati Djafar Bidang Infrastruktur TP2D, Mr Bryan Jefry Allen Managing Director and CEO PT Energi Sengkang, Kadis ESDM Sulsel Ir. Gunawan, Bupati Jeneponto Ikhsan Iskandar, Wakil bupati Jeneponto Paris Yasir, dan Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtar Tompo. (*)