Balitbangda Hadiri Asia Pacific Leaders Forum

JAKARTA -- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Pemprov Sulsel, Iqbal Suhaeb menghadiri Asia Pacific Leaders Forum (APLF) di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (14/12).

Iqbal mewakili Gubernur Sulawesi Selatan yang menghadiri sejumlah agenda kerja di Makassar. 

APLF 2017 dihadiri lebih dari 650 peserta yang terdiri dari para pemangku kepentingan serta perwakilan 14 negara anggota OGP di Asia Pasifik. Serta lembaga multilateral, organisasi masyarakat sipil, swasta, akademisi, media nasional dan internasional. 

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla hadir sebagai pembicara utama. 

"Ini adalah pertemuan para pemimpin lokal tingkat Asia Pasifik, tema yang diangkat open goverment for inclusive development, dimana diharapkan pembangunan yang ada dirasakan oleh masyarakat," kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan, dalam forum ini dipaparkan ide-ide oleh pemerintah lokal dari negara-negara Asia Pasifik termasuk Indonesia.  

Penyelenggaraan acara APLF 2017 hadir dengan beberapa sesi diskusi yang membahas topik-topik keterbukaan secara mendalam, seperti open government/ keterbukaan pemerintah, kepercayaan terhadap pemerintah, pelayanan publik, pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan, serta pembangunan lingkungan yang berkeberlanjutan.

"Ada banyak contoh inovasi dari berbagai daerah. Contoh dari Sulsel, yaitu Bupati Luwu Utara Indah Putri menjadi pembicara soal transparansi pemerintah daerah. Selain itu ada Walikota Makassar dengan Smart City. Itu menjadi contoh best praktis dari Sulsel," sebut Iqbal. 

Dia menambahkan, dari kegiatan ini, banyak ide yang dapat diterapkan di Sulsel diantaranya terkait rencana program sistem informasi di Sulsel. 

"Tingkat provinsi, kita akan melakukan sistem informasi bersama Dinas Infokom terkait bagaimana meningkatkan sistem informasi di Sulsel bekerja sama dengan Komisi Informasi," tutup Iqbal. (*)