Kendaraan Makassar Bisa Bayar Pajak di Gowa
Mudahkan Wajib Pajak Melalui Sistem Online.

By Humas Sulsel 29 Agu 2017, 20:05:23 WIB Sulawesi Selatan
Kendaraan Makassar Bisa Bayar Pajak di Gowa

MAKASSAR – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel H. Tautoto TR melakukan sosialisasi pajak daerah di Gedung Adi Jaya, Sungguminasa, Gowa, Selasa (28/8). Sosialisasi dihadiri komunitas otomotif, masyarakat umum, para lurah, kepala desa dan pegawai negeri sipil dari Kabupaten Gowa.

Dalam sosialisasi tersebut, Kepala Bapenda mengungkapkan, pajak kendaraan warga Makassar atau kota lainnya di Sulsel dapat dibayarkan di Samsat Gowa. Sebaliknya pajak kendaraan dari Gowa juga dapat dibayar di Samsat Makassar.

“Kita sudah menerapkan pembayaran dengan system link, yakni pajak tahunan kendaraan dapat dibayarkan di mana saja, misalnya warga Gowa yang memiliki kendaraan alamat Makassar cukup membayar di Gowa saja, tidak perlu ke Makassar,” jelas mantan Kabag Umum Setda Gowa ini di depan seratusan peserta sosialisasi. 

Namun ini tidak berlaku untuk pembayaran kendaraan lima tahunan. Pembayaran harus dilakukan di samsat asal kendaraan karena fisik kendaraan wajib dicek seperti nomor rangka, nomor mesin, dan kondisi fisik lainnya.

Toto, sapaan mantan Plt Bupati Soppeng ini, membawakan materi tentang pajak dan layanan unggulan samsat di Sulsel. Menurutnya, layanan unggulan dibuat untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor. Salah satu layanan unggulan tersebut adalah pembayaran pajak dengan system link (online).

Menurutnya, Bapenda Sulsel telah melakukan banyak terobosan untuk memanjakan wajib pajak di Gowa antara lain Samsat Drive Thru yang memungkinkan wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan saat membayar pajak. Dengan system ini wajib pajak hanya menghabiskan waktu sekitar empat menit.

Terobosan lain yang dilakukan Bapenda adalah Samsat Keliling, pelayanan e-samsat di Bank Sulselbar, info pajak via sms dan twitter, penagihan door to door dan masih banyak lagi.

“Layanan unggulan ini kami buat untuk memanjakan wajib pajak di Sulsel. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak membayar pajak,” ujar didampingi Kepala UPT Pendapatan Gowa Masbit Taufiek.

Pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor sebanyak 30 persen diberikan kepada kabupaten kota dan 70 persen diberikan kepada provinsi. Sebaliknya pajak rokok sebanyak 70 persen akan diberikan kepada kabupaten/kota sedangkan provinsi hanya menikmati 30 persen. Sedangkan pajak air permukaan hasilnya dibagi rata, 50 persen untuk provinsi dan 50 persen untuk kabupaten/kota.

Hingga Juli 2017, Pemkab Gowa telah menikmati dana bagi hasil dari Bapenda Sulsel sebesar Rp 44 miliar lebih yang jumlahnya akan terus bertambah. (Alim Humas Bapenda Sulsel).






Video Terbaru

View All Video

Galeri Foto


Video Lainnya

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tetang Website ini ?
  Sangat Membantu
  Mebantu
  Cukup Membantu