Pemprov Tetapkan UMP 2018

MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi Sulsel menyetujui besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) yang akan diberlakukan tahun 2018 mendatang sebesar Rp2.647.767.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel, Agustinus Appang mengatakan SK Gubernur Nomor 2628/X/2017 terkait UMP ditandatangani Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Selasa (31/10).

Besaran UMP tahun depan naik sebesar Rp212.000 dibanding tahun ini. Menurut Agus, penetapan besaran upah minimum untuk tingkat Provinsi Sulsel itu diambil dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 yang mengambil standar pada tingkat pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional. 

Dia melanjutkan, pihaknya juga sudah melakukan pertemuan tripartit antara pengusaha, pemerintah, dan perwakilan buruh yang difasilitasi oleh Dewan Pengupahan. 

"Angka itu sudah menjadi kesepakatan waktu rapat dengan dewan pengupahan. Tidak ada revisi lagi. Kita harus konsisten menjalankan aturan yang sudah disepakati," tegas Agustinus di Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (31/10).

Pihaknya akan intensif melakukan pengawasan. Dia menyadari jika pemberlakuan sebuah aturan pasti tidak selalu mendapat positif. Namun mau tidak mau, suka atau tidak suka, harus diterapkan. 

Mantan Kepala Biro Keuangan Daerah itu berharap kondisi perekonomian Sulsel terus membaik sehingga para pengusaha bisa membayarkan gaji karyawan atau buruh sesuai aturan yang telah ditetapkan. (*)