PLTB Sidrap Suplai Listrik untuk 100 Ribu Rumah
Desember 2017 Mulai Beroperasi.

By Humas Sulsel 14 Sep 2017, 10:28:13 WIB Gubernur
PLTB Sidrap Suplai Listrik untuk 100 Ribu Rumah

SIDRAP -- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) atau tenaga angin di Kampung Pabbaresseng, Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Rabu (13/9). 

PLTB di Sidrap itu merupakan yang terbesar di Indonesia dengan nilai invetasi sebesar 150 juta US Dolar. Proyek ini murni dilaksanakan pihak swasta, PT UPC Renewables Indonesia.

Senior Project Developer PT UPC Renewables, Niko Priyambada mengatakan PLTB Kabupaten Sidrap diproyeksi mampu menghasilkan kapasitas listrik sebesar 75 megawatt. 

Memanfaatkan 30 turbin dengan estimasi setiap turbin mampu menghasilkan kapasitas listrik sebesar 2,5 megawatt. 

Diperkirakan PLTB ini nantinya dapat mengalirkan listrik ke 100.000 ribu rumah. Ditargetkan mulai beroperasi Desember mendatang. 

"PLTB ini kita sudah mulai konstruksi bulan Juni tahun 2016 dan peroperasi bulan Desember 2017. Ada tiga bukit digunakan untuk lokasi turbin," sebutnya. 

Menurut Niko, pemilihan lokasi di Desa Mattirotasi dengan berberapa pertimbangan. Diantaranya, memiliki angin yang cukup kencang dan lokasi gardu induk ke jaringan PLN yang dekat. 

Untuk memastikan proyek ini on progress, SYL meninjau beberapa lokasi pembangunan diantaranya, lokasi gardu induk dan gedung pemeliharaan serta gedung transmisi.

"Selain membangun di lokasi PLTB, kami juga membangun jalan di Sidrap, termasuk dari pelabuhan Pare-Pare ke lokasi PLTB," ujar Niko. 

Dia juga menambahkan jalan-jalan yang dilalui sudah rampung dibangun tinggal menambahkan marka jalan. Untuk tahapan konstruksi sipil rampung 100 persen, pondasi 85,6 persen, instalasi eletktrikal 63,8 persen dan pemasangan turbin 64,6 persen. 

"Jadi totalnya sudah 50 persen lebih dari target, kami yakin Desember nanti sudah bisa rampung dan dapat digunakan," pungkasnya.(*)






Video Terbaru

View All Video

Galeri Foto


Video Lainnya

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tetang Website ini ?
  Sangat Membantu
  Mebantu
  Cukup Membantu