Soni Tanyakan Arti Aku Sayang Kamu dalam Bahasa Bugis-Makassar

JAKARTA - Di hari ketiga menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono yang sekaligus Dirjen Otonomi Daerah Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkativitas di Jawa Barat dan Jakarta. 

Di Jawa Barat, Soni menghadiri Musrenbang Provinsi Jawa Barat, di Hotel Intercontinental, Bandung, Kamis (12/4) mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Selanjutnya, Ia menuju ke Jakarta. Di Jakarta Soni Sumarsono berkunjung ke Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel di Jalan Jusuf Adiwinata, Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu (12/4). 

Di tempat ini Soni memberikan arahan terkait pentinya penggunaan teknologi untuk efisiensi kerja dan netralitas ASN. Yang menarik, Ia juga berbincang santai soal kemampuan berbahasa daerah para staf di sana.

"Kamu bisa nggak Bahasa Makassar? Apa bahasa Makassarnya, aku sayang kamu?" tanya Soni. 

Seorang staf kemudian menjelaskan artinya kepada Soni.

"Bahasa Bugisnya upojiki, maksudnya saya suka, bahasa Makassarnya ku ngaiki," sebut Kepala Kantor Perwakilan Ahmad Abdullah menirukan jawaban staf yang menjawab. 

Ahmad mengatakan, selain bertanya bahasa daerah, Soni juga mengetes kemampuan bahasa daerah mereka dan daerah asal mereka. 

"Beliau menyampaikan secara bergurau, beliau juga suka bercanda. Beliau juga menanyakan banyak hal seperti masalah yang dihadapi oleh kami," jelas Ahmad. 

Ahmad menambahkan, jumlah ASN di Kantor Perwakilan Pemprov Sulsel di Jakarta sebanyak 50 orang, sedangkan jika ditotal dengan jumlah ASN perwakilan yang ada di Surabaya dan Bali sebanyak 100 orang. 

Soni Sumarsono sendiri juga sebelumnya saat gladi pelantikan sebagai Penjabat Gubernur Sulsel, Minggu (8/4), mengaku ingin mendaftar sebagai orang Bugis-Makassar. Bahkan kagum dengan prinsip orang Bugis Makassar yang mengedepankan siri' na pacce. (*)