• Respon Biro Adpim Atas Kebutuhan Informasi Faktual Masyarakat Melalui Pemprov Sulsel

Makassar, humas.sulselprov.go.id – Peringatan dua tahun pemerintahan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang jatuh tepat di tanggal 5 September 2020, membawa berkah tersendiri bagi empat pemenang lomba pembuatan sambutan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Sulsel ini, selain bagian dari peringatan, juga untuk mencari penulis berbakat di bidang sambutan dan penyiapan materi pimpinan.

Akhirnya, di penghujung tahun 2020 ini, empat orang peserta berhasil melewati tahap seleksi dan penilaian dewan juri yang berasal dari akademisi dan profesional. Peserta lomba dengan perolehan nilai tertinggi dalam kompetisi ini adalah Nurul Khaeriah ASN di Diskominfo Sulsel, Inyo ASN di Bappeda Sulsel, Asni Astuti ASN di BPSDM Sulsel, dan Mudrikan Hidayat Nacong tenaga magang di Biro Adpim Sulsel. Masing-masing peserta berhak atas hadiah yang telah diumumkan oleh panitia di awal pengumuman lomba, yakni Rp.10 juta untuk juara pertama, Rp.7,5 juta untuk juara kedua, Rp. 5 juta untuk juara ketiga, dan Rp. 1,5 juta untuk juara keempat.

Kepala Biro Adpim Sulsel, Hj. Nurlina, menyebutkan, tujuan pelaksanaan lomba ini adalah bagian dari upaya peningkatan pelayanan administrasi pimpinan dalam menyediakan materi komunikasi yang baik dan berkualitas.

“Pelaksanaan lomba ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi pimpinan berupa penyiapan materi dan sambutan yang selama ini menjadi tanggung jawab Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Sulsel,” sebutnya.

Ia berharap, para pemenang lomba nantinya dapat memberikan kerja terbaiknya dalam menyiapkan materi komunikasi pimpinan sesuai dengan kriteria yang telah dilombakan.

“Semoga para peserta yang terpilih dalam lomba ini bisa memberikan kinerja terbaiknya dalam menyediakan sambutan dan materi pimpinan di Biro Adpim Sulsel,” tuturnya.

Sementara, Budayawan dan Akademisi Unhas yang menjadi salah satu dewan juri dalam lomba ini, Dr. Alwy Rachman menuturkan, segenap pemenang lomba ini dapat bekerja secara kolaboratif dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh publik melalui pimpinan tertinggi.

“Informasi yang cepat, akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan akan dapat mengatasi kesimpangsiuran informasi, mengingat media sosial kadang-kadang mengandung hoax atau berita yang justru menciptakan disinformasi antara pemerintah dengan rakyatnya,” jelasnya.

Ia melanjutkan, inisiatif mengadakan lomba merupakan cara kreatif yang ditempuh oleh Biro Adpim Sulsel yang bertujuan untuk menelusuri talenta yang tersedia di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sulsel.

“Para pemenang dalam lomba ini diharapkan dapat merespon kebutuhan pimpinan tertinggi secara cepat, akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Salah seorang peserta lomba ini, Nurul Khaeriah, mengatakan, dirinya salut atas terobosan dalam merespon keterbukaan informasi bagi public dari Pemprov Sulsel.

“Salut untuk Biro Adpim yang membuat terobosan ini karena dengan lomba seperti ini akan lahir penyusun materi komunikasi pimpinan yang memang menjadi urgent untuk era keterbukaan informasi seperti saat ini,” kata Nurul.

Ia berharap, lomba seperti ini rutin diadakan sehingga bakat teman-teman baik ASN maupun tenaga magang bisa punya wadah dan membantu kebutuhan pimpinan di instansi masing-masing. (*)

Facebook Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply