Tana Toraja, humas.sulselprov.go.id – Sebuah objek wisata di Sulsel sedang dikembangkan untuk menjadi destinasi andalan. Disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang ada di pelosok Tana Toraja. Objek wisata tersebut Bukit Ollon, terletak di Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng.

Bukit Ollon dengan hamparan bukit dan lahan hijau yang luas, serta sungai jernih mengalir di sepanjang bukit. Suasananya seperti kondisi alam berbukit di Swiss, lengkap dengan hewan ternaknya.

Jika ingin menikmati alamnya lebih dekat, berkemah menjadi pilihan untuk berlibur. Hal itu pula yang dilakukan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, untuk menikmati alam Ollon, sekaligus meninjau langsung lokasi yang akan dikembangkan sebagai objek wisata unggulan Sulsel.

“Kita sangat suprise dengan tempat ini. Dan kelihatannya sangat menarik, sudah ada pengunjung reguler yang datang ke Ollon ini,” kata Andi Sudirman, Minggu, 5 September 2021.

Ia juga melakukan dialog dengan Bupati Tana Toraja dan tokoh masyarakat di Ollon, untuk mengetahui kebutuhan dan harapan pemerintah serta masyarakat setempat. Pemprov sendiri mengelontorkan anggaran Rp 20 miliar untuk difokuskan pada perbaikan jalan dan fasilitas pendukung obyek wisata.

“Saya juga begitu mengetahui tentang tempat ini, langsung memberikan bantuan Rp 20 miliar untuk akses jalan. Karena persoalan utama di sini adalah masalah akses menuju ke tempat ini,” ucapnya.

Ia berharap, dengan bantuan keuangan daerah yang diberikan Pemprov Sulsel kepada Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk wisata di Toraja yang lebih baik dan mengembalikan kejayaannya.

“Sekiranya nanti dibangun dengan bantuan keuangan oleh Pemda, ini nanti kita bisa manfaatkan untuk menjadi fasilitas wisata. Dimana harapan kami nanti dikelola oleh masyarakat sekitar yang dapat menambah penghasilan mereka,” ujarnya.

“Tempat ini layak dikungungi, sangat cantik, datang ki,” tambahnya.

Sebelumnya, Andi Sudirman menyatakan rasa penasaran dan keinginan kuatnya untuk berkunjung langsung ke tempat yang berjarak sekira 41 kilometer dari Makale, ibu Kota Tana Toraja.

“Kami menyempatkan waktu. Saya memang penasaran untuk ke sana untuk melihat langsung,” sebutnya, saat melaunching pembangunan obyek wisata Ollon pada acara perayaan Hari Jadi Toraja ke 774 dan HUT Tana Toraja ke 64 tahun, di Gedung Tammuan Mali’ Makale, Sabtu, 4 September 2021 kemarin. (*)

Facebook Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply