Makassar, humas.sulselprov.go.id – Pelaksana Tugas Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina, menjadi pembicara pada Webinar Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim Sulsel, Senin, 29 November 2021. Dalam webinar tersebut, ia memaparkan terkait perilaku ramah lingkungan dimulai dari rumah.

Naoemi menjelaskan, perilaku ramah lingkungan harus dibiasakan dari rumah. Bagaimana kaum perempuan, khususnya ibu-ibu yang memegang kendali dalam rumah tangga, membuat aturan mengenai pengelolaan sampah rumah tangga. Salah satunya, bagaimana memisahkan sampah organik dan sampah plastik.

“Kita harus ajari anak-anak kita, bagaimana memisahkan sampah yang bisa didaur ulang dan tidak,” kata isteri Andi Sudirman Sulaiman ini.

Ia mengungkapkan, saat ini sudah ada Bank Sampah, sehingga sampah-sampah yang terkumpul selain bermanfaat untuk lingkungan, juga untuk keluarga. Menabung di Bank Sampah akan diberikan buku tabungan, sehingga anak-anak akan termotivasi.

“Sampah plastik ini berkaitan dengan perubahan iklim. Karena, plastik ini menghasilkan emisi karbon yang tinggi. Karena itu, pemerintah sekarang membuat gerakan menghemat kantongan kresek, dan menggantinya dengan tas ramah lingkungan,” jelasnya.

Selain pemilahan sampah, perilaku ramah lingkungan lainnya yang bisa dimulai dari rumah, lanjut Naoemi, adalah membatasi penggunaan listrik sesuai kebutuhan, embuat area hiiau di sekitar pekarangan rumah, serta mengoptimalkan pemakaian air.

Sementara, Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, yang diwakili Susi Susilawati, saat membuka webinar tersebut, mengungkapkan, kelompok perempuan merupakan salah satu kelompok strategis dalam aksi adaptasi lingkungan ini. Ia berharap, kegiatan ini bisa berlangsung berkelanjutan, dan ada gerakan terus-menerus dari masyarakat dalam adaptasi mitigasi perubahan iklim.

“Indonesia sudah berkomitmen untuk menurunkan emisi karbon. Tentu banyak hal yang bisa kita lakukan, diantaranya pengelolaan sampah, efisiensi energi, efisiensi air, dan perubahan tingkah laku kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan, mulai dari diri kita sendiri dan lingkungan kita,” terangnya. (*)

Facebook Comments

comments

NO COMMENTS

Leave a Reply